Ads

Tutorial Membuat 3D Box Pada CorelDraw


Membuat 3D Box Dengan CorelDraw
Pada Tutorial Sebelumya Saya Berbagi Membuat Efek 3D Pada Teks, Untuk Kesempatan Kali Ini Saya Akan menerapkan Pada Objek Persegi Panjang, Efek Ini Menggunakan Tool Interactive Extrude, Berikut Adalah Langkah - Langkah Membuat 3D Box :

Langkah Awal Buka CorelDraw Dan Saya menggunakan CorelDraw X4, Setelah Itu Buat Documen Baru Dengan Klik Menu FILE > NEW. Atau Tekan Tombol CTRL + N.

2. Buatlah Persegi Panjang Dengan Klik Rectangle Tool Pada Deretan Tool Yang Berada Sebelah Kanan Lembar Kerja.

Buat Kotak Dengan Rectangle Tool

3. Buat Lagi Dua Buah Persegi Panjang. Kali Ini Sedikit Di Perkecil Ukurannya Dan Kotak Pertama Letakan Di Atas Kotak Pertama, Yang Satunya Lagi Letakan Di Bawah. Seperti Gambar Di Bawah.

Buat Dua Kotak

4. Selanjutnya Klik Pada Kotak Persegi Panjang Yang Atas Tekan Tombol SHIFT Pada Keyboard Lalu Sambil Menekan Tombol SHIFT Klik Kotak Utama Yaitu Kotak Yang Tengah. Kemudian Pilih Intersect, Atau KLik Menu ARRANGE > SHAPING > INTERSECT.

Intersect Pada Kotak

Selanjutnya Hapus Kotak Yang Atas Hasil Intersect Tadi sehingga Sekarang Gambar Seperti Gambar Di Bawah.

Menghapus Kotak Atas

Ulangi Langkah Sebelumnya Yaitu Sekarang Intersect Juga Bagian Kotak Yang Di Bawah

5. Setelah Selesai Warnai Objek Dengan Klik Salah Satu Warna Pada Color Palet Yang Berada Di Kanan Lembar Kerja. Kotak Yang Dua Saya Menggunakan Warna Hijau Dan Kotak Tengah Menggunakan Warna Hitam. Kemudian Seleksi Seluruh Objek Dengan Klik Di Luar area Gambar Lalu MenDrag Mouse Sampai Gambar Terblok Oleh Garis Putus - Putus, AtauDapat Juga Klik Pada Kotak Atas Lalu Sambil Mrnrkan Tombol SHIFT Pada Keyboard KLik Kotak YAng Tengah, Tekan Lagi SHIFT Lalu KLik Pada Kotak Yang Bawah, Lihat Gambar Di Bawah.

Seleksi Objek
Setelah Semua Objek Aktif Lanjutkan Dengan Menggabungkan ( GROUP ) Dengan Cara Nenekan CTRL + G Pada keyboard Atau Dengan Klik Menu > Arrange Group.

6. Kemudian Letakan Objek Pada Kotak Tengah Objek Ini Hasil Dari Interactive Drop Shadow, Untuk Membuat Objek Ini Silahkan Baca Thutorial Saya Sebelumnya Dengan Judul Kreasi Efek Interactive Drop Shadow  Pada Teks Dan Objek di CORELDRAW, Lihat gambar Di Bawah.

Meletakan Objek Jadi


7. Selanjutnya Seleksi Semua Objek Lalu Group, Kemudian Klik Menu EFEK >  Add Perspective, Maka Objek Akan Di Arsir Garis - garis , Selanjutnya Atur Kemiringan Objek Dengan Klik Pada Sudut Kotak Tersebut Lalu Drag Atau Drop Mouse Sehingga Mendapatkan Gambar Seperti Di Bawah .

Add Perspective
8. Sekarang Kita Akan Menerapkan Efek 3D, Klik Pada Interactive Extrude Tool, Lalu Klik Di Tengah - Tengah Objek Kemudian Menngeser Mouse Ke Kiri Luar,

Membuat Objek 3D
Masih Pada Interactive Extrude Tool, Tekan CTRL + K Untuk Memisahkan Extrude,  Hasilnya.

Extrude

9. Sekarang BuatlahPersegi Panjang Lagi Kemudian Beri Warna Putih Dan Tempatkan Seperti Gambar Dibawah.

Efek 3D
Masih Pada Kotak Panjang, Klik Pada Tranparency Tool Lalu Klik Dari Bawah Dan Menyeretnya Ke Atas.

Menggunakan Tranparency Tool.


10. Sekarang Buatlah Teks, Di sini Saya Mengetikan Thutorial CorelDraw.

Membuat Teks Dengan Teks Tool

Tempatkan Tek Pada Gambar, Kemudian Klik Menu EFEK > CONTOUR

Efek Contour

Selanjutnya Atur Pada Properti Bar Yaitu : Contournya Pilih Outside, Offset 0.525 mm, Steps : 1, Dan warna Fiil Pilih putih.

Atur Warna, Offset


11.
Sekarang Kita Akan membuat Sekeping CD, Klik Pada Ellipse Tool Kemudian Buatlah Beberapa Lingkaran Dan Atur Seperti gambar Di Bawah.

Buat Beberapa Lingkaran Lalu Menempatkannya

Selanjutnya Warnai Objek, Di Awali Dengan Lingkaran Paling Kecil Beri Warna Hitam. Disusul Lingkaran Selanjutnya Dengan Warna Putih, Lalu Lingkaran Berikutnya Dengan Hitam, Selanjutnya Mewarnai Lingkaran Berikutnya Yang Sedikit Besar, Klik FILL Tool Lalu Pilih Foutain Fill.

Mewarnai Lingkaran CD


Setelah Itu Akan Muncul Kotak Dialog Fountain Fill Lalu Atur, Pada Type Pilih Radial, Color Blend : Two Color, Min Point : 50. Lalu Klik OK.

Kotak Dialog Fountain Fill

Setelah Menyelesaikan Langkah Di Atas Atau Setelah Kita Klik OK Maka Hasilnya Akan Seperti Gambar di Bawah,

Hasil Dari Fountain Fill


12. Beri Warna Hitam Pada 30% Pada Lingkaran Paling Besar, Setelah Itu Seleksi Semua Objek Lalu Hilangkan Garis Tepinya ( Outpen ), Dilanjutkan Dengan Menggabung Objek Tersebut Dengan Menekan CTRL + G,

Hapus Garis Pinggir Objek Dengan Outpen Tool

13. Klik Dua Kali Pada Objek Sehinnga Kita Bisa Memutar, Memiringkan Objek.

Objek Dimiringkan Atau Di Putar.

14. Selanjutnya Letakan Gambar CD Tersebut di Samping Box 3D Yang Kita Buat Tadi.
Peletakan Objek CD
Tahap Berikutnya Adalah Memberikan Efek Bayangan Pada Gambar CD, Klik Pada Interactive Drop Shadow, Lalu Klik Pada Objek CD Tarik Ke Bawah Samping Kiri, Seprti Gambar Di Bawah.

Membuat Bayangan Objek CD

Setelah Tahap Ini Maka Hasil Akhir Adalah Seperti Gambar Di Bawah.

Membuat 3D Box Dengan CorelDraw


Terima Kasih.....

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Tutorial Membuat 3D Box Pada CorelDraw"

  1. disini kaya nya gudangnya tutorial CD nihh

    BalasHapus
  2. @Rusty, Engga Juga Ko Mas, Cuma Imajinasi Aja, Oh Iya Ternyata Koleksi Templete Mas Banyak Juga And Keren - Keren, Saya Suka Yang Johny Faster Wuzz.

    BalasHapus
  3. makasih banyak mas tutorialnya,hehe pas banget belajar disini,bener kata omentator diatas, gudangnya tutorial... hehe jalan sore mampir sini :) datang ktmpat saya juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kembali Dyah Ayu Rahmawati, atas kunjungan dan komentnya di blog reot ini & saya pasti mengunjungi tempat anda, sering mampir ke sini ya, hehe

      Hapus
  4. wah cukup bermanfaat, thx ya gan.
    mampir ya > flamingosolution.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan Meninggalkan Komentar, Semua Komentar Anda Saya Hargai, Kecuali Yang Menanamkan Sara, Pornografi, Duplikat Coment, Akan Di Hapus Oleh Admin....